Senin, 09 Desember 2019

Transportasi Nyaman, Bebas Travelling Kemana Saja!

Pemerintah telah menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau yang akrab disebut Bali baru dengan status super prioritas dengan alokasi dana 7,1 triliun pada 2020. Lima bali baru yang dimaksud ini ialah Danau Toba di Sumatera Utara; Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Mandalika, Bunaken di Sulawesi; dan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. 

Bapak Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat mengatakan bahwa semangat yang dimiliki oleh Bapak Presiden kita, Joko Widodo sangatlah besar dalam membangun infrastruktur sarana dan prasarana wisata di Indonesia. Bahkan, semangat yang menggebu-gebu untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur juga dimiliki oleh para menterinya.

Dalam upaya pengembangan infrastruktur transportasi yang akan dilakukan untuk mendukung konektivitas di 5 destinasi pariwisata super prioritas ini, Bapak Budi diminta oleh Menteri Perhubungan untuk memperbaiki 20 terminal di Indonesia dengan alokasi dana yang sudah disiapkan, yakni sebesar 500 miliar dan juga lebih fokus terhadap persoalan keselamatan dan konektivitas pariwisata.

Menteri Perhubungan, Budi Karya juga menyampaikan keluhannya kepada Gubernur Bali bahwa adanya salah satu kawasan atau objek wisata yang menampung terlalu banyak wisatawan namun infrastruktur di kawasan tersebut masih jauh dari harapan. Kawasan yang disebut oleh Menteri Perhubungan itu ialah Nusa Penida, Bali.

Menteri Perhubungan mengaku gemas dengan infrastruktur di Nusa Penida. Buruknya kondisi jembatan dan kondisi kapal yang digunakan sebagai jalur transportasi oleh wisatawan sudah tidak layak untuk digunakan. Sehingga Menteri Perhubungan mengharapkan bahwa semangat yang dimiliki oleh pemerintah juga bisa dimiliki oleh masyarakat guna membantu mendukung pembangunan infrastruktur wisata di Indonesia.

Bapak Budi Karya pun memaparkan beberapa alasan rendahnya turis yang datang untuk berwisata di Danau Toba belakangan ini. Berdasarkan survei memang infrastruktur sarana dan prasarana yang ada disana rata-rata kurang memadai. Maka dari itu, sejalan dengan dicanangkannya 10 Bali Baru, maka akan dibangun 12 dermaga dan 5 kapal untuk wisata Danau Toba.


Dalam upaya pengembangan infrastruktur transportasi yang akan dilakukan untuk mendukung konektivitas di 5 destinasi pariwisata super prioritas ini, pernyataan Pak Budi Karya ditambahkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat bahwa Bapak Presiden, Joko Widodo menginginkan bahwa pengembangan destinasi wisata ini bisa menjadi sebuah awal yang baik untuk Indonesia agar lebih dikenal oleh dunia.

Saat ini, Labuan bajo direncanakan akan dibangun 1 pelabuhan untuk cruise dan logistik. Selain itu, pemerintah juga terus memperbarui bandar laut dan udara yang ada sehingga eksistensi Labuan Bajo bisa meningkat dan tentunya meningkatkan konektivitas para wisatawan yang ingin berlibur kesana.

Disamping itu, selain 12 dermaga yang hendak dibangun di Danau Toba, pemerintah juga mulai memberikan pendidikan kepada semua operator kapal agar keselamatan dan keamanan para wisatawan bisa menjadi prioritas, karena rasa aman dan nyaman sangat diperlukan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Bapak Ahmad juga ikut menambahkan bahwa pemerintah melakukan empat kegiatan utama dalam pengembangan 5 destinasi super prioritas, yakti membangun, merehabilitasi, meningkatkan, dan mengembangkan yang akan dirampungkan pada tahun 2021.

Bapak Ahmad juga nyampaikan bahwa terobosan yang akan dijalankan dalam transportasi laut Labuan Bajo ialah akan diadakan kapal bottom glass, yang memfasilitasi wisatawan untuk bisa melihat dan menikmati keindahan alam bawah laut langsung dari dalam kapal.

Para wisatawan akan semakin dimanja dengan berbagai infrastruktur baru dan fasilitas yang mendukung. Sehingga bisa merasa aman, selamat, nyaman, dan terlindungi.

Terakhir, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Bapak Nur Isnin Istiartono juga ikut menambahkan bahwa yang akan pemerintah tawarkan kepada wisatawan ialah natural beauty of Indonesia yang benar-benar hanya ada di Indonesia. Dan masyarakat diharapkan bisa ikut meledakkan informasi 5 destinasi ini.

2 komentar:

  1. Wah bagus banget nih... Smoga dengan didukung dengan sarana memadai Bali Baru sukses jadi destinasi wisata terbaik 😍😍

    BalasHapus
  2. destinasi paling keren nih... mantapp nih klw tahun baru ada disanaa 💖😍

    BalasHapus