Jumat, 01 Maret 2019

Yuk Kenali Jenis Asuransi Kesehatan ini

Berbagai jenis resiko kesehatan yang dapat dilindungi Asuransi kesehatan di banyak rumah sakit. Ini adalah salah satu alasan mengapa asuransi kesehatan sangat banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Perlindungan yang diberikan mulai dari resiko kesehatan yang ringan hingga kritis. Jenis asuransi kesahatan pun ada bebagai jenis. Ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk menggunakan asuransi kesehatan anda dapat mengenali jenis asuransi kesehatan.
Asuransi kesehatan dibagi  menajdi beberapa jenis berdasarkan hal-hal berikut :
Dilihat dari segi kepemilikan/ pengelolaan perusahaan penyelenggara asuransi kesehatan itu sendiri. Jenis Asuransi kesehatan dapat digolongkan menjadi 2 (dua) yaitu Perusahaan asuransi kesehatan yang di kelola oleh pemerintah dan ada yang dikelola oleh swasta.
Seperti yang kita ketahui bersama saat ini perusahaan asuransi kesehatan yang sedang terkenal dan di kelola oleh pemerintah adalah BPJS  (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Serta banyak perusahan swasta yang menawarkan asuransi kesehatan  seperti : Frudential, AIA, Axa dan sebagainya.
Selain dilihat dari segi kepemilikan/ pengelolaan Asuransi kesehatan pun dibedakan dua jenis. Yaitu dari jeins keikut sertaan peserta asuransi. Untuk saat ini di Negara Indonesia sendiri memberlakukan seluruh perusahaan yang memperkerjaan karyawannya untuk menjaminkan kesehatan karyawan yang mereka pekerjakan untuk mendapatkan jaminan/ asuransi kesehatan di BPJS Kesehatan yang di kelola oleh pemerintah. Ada pula asuransi yang bersifat sukarela. Asuransi yang bersifat sukarela ini biasanya menyesuaikan kebutuhan seseorang untuk memiliki polis asuransi yang mereka miliki.
Untuk yang terakhir jenis asuransi pun dibedakan dari sifat klaim asuransi itu sendiri. Reimbursement, jenis asuransi kesehatan ini mengharuskan Anda sebagai pemilik asuransi kesehatan untuk menanggung biaya pengobatan dari uang pribadi terlebih dahulu, kemudian biaya tersebut akan dilaporkan ke perusahaan asuransi kesehatan untuk diganti dengan melampirkan bukti pembayaran. Cashless, jenis asuransi kesehatan inilah yang banyak digunakan. Klaim asuransi cashless hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi ke rumah sakit di mana Anda dirawat, untuk membayar biaya pengobatan sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh seluruh pihak. Jenis asuransi Cashless ini sangat memudahkan pengguna asuransi / pemegang polis untuk menggunakan pelayanan kesehatan sesuai dengan yang disepakati.
Dapat disimpulkan bahwa jenis asuransi kesehatan digolongkan dari : Kepemilikan / pengelolan perusahaan asuransi, sifat keikut sertaan peserta asuransi kesehatan dan sistem klaim asuransi itu sendiri. Sedikit memperhatikan di website CekAja.com, di web tersebut kita dapat lebih banyak mengetahui jenis asuransi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar