Kamis, 14 Maret 2019

Pengalaman Ikut Kelas Public Speaking Bareng Three Speakers


three speakers, speak in three (source; instagram.com/threespeakers)
Halo guys, what’s up!
A weeks ago gue ikutan public speaking yang diadain sama three speakers ( Bayu Oktara, Uli Herdiansyah dan Hibram Dunar). Para three speakers ini merupakan para presenter yang sudah sering sekali wara wiri di layar kaca Indonesia.

In the end, mereka bersatu dan terbentuklah three speakers ini. Misi yang dimiliki mereka cukup sederhana, yaitu mencerdaskan bangsa dengan kemampuan public speaking.  Ya mungkin some people di sini banyak yang beranggapan kelas public speaking ini mahal, iya si mahal tapi three speakers  kita hanya perlu mendaftar dan bayar sesuka kita. Nah loh, kok bisa? Iya bisa. Haha. Tapi kemarin itu, kalau gue gak salah ya, bayar sesukanya tapi minimal 100 ribu. Yaelah Cuma 100 ribu? Murah lah. Ehh tapi kemarin gue disponsorin sama Bplus dong pembayarannya, jadi gratis deh. Ahaha.

Nah, pertama gue rada bingung nih, soalnya tepat gue diajakin untuk ikutan kelas public speaking, gue disuruh maju ke depan untuk speaking dalam waktu 3 menit. Em, karena kebingungan mau bahas apa, dan akhirnya gue bahas minyak jelantah (sebelumnya ditentukan tema si sama mereka, ada 3 tema yang bisa diangkat, ada lingkungan, ekonomi dan sosial).  

Sebelumnya para peserta diajarin sedikit mengenai gimana bicara yang gak datar, alias gak bosenin alias gak bikin ngantuk audience haha. Terdapat beberapa hal yang gue tangkep nih, (gue bahas semuanya apa nggga ya? Gausah ya secimit cimit aja, kalo penasaran ikutan aja kelas public speakingnya three speakers) kalau kita mau ngomong di depan publik, we better berbicara dengan jelas, yes artikulasinya harus jelas kemudian, lantang alias keras. Iyaaa gimana caranya? Bicaralah dengan suara perut. Caranya? Ikutan public speakingnya three speakers aja yes.

Oh iya, sebelum ngelanjut, gue mau cerita dulu ketika gue maju ke depan buat ngomong, hem, awalnya sebelum maju udah paham betul mau ngomong apa, tapi pas di depan (gils, hypenya beda, kaya lagi ujian astaga) gue tiba tiba blank gitu aja hingga pada akhirnya speaking gue  cak acakan banget. Haha.

Eh, lanjut yuk, jelas, keras, ada lagi yang penting nih, intonasinya. Apa si intonasi? Intonasi itu tinggi rendahnya nada pada kalimat yang memberikan penekanan pada kata-kata tertentu di dalam kalimat. Ya mirip mirip lah kaya orang nyanyi. Ajarin dong kak, ikutan public speaking three speakers aja yes.

Ya kira-kira seperti itulah pengalaman gue ikutan public speaking class with three speakers. Seru, jadi dapat banyak sekali ilmu dan teman baru. Cara penyampaiannya juga bagus (iyalah bagus, namanya juga udah ahli public speaking haha) dan sangat santai. Jadi gak tegang banget. Anw, setelah kita maju dan ngomong di depan dengan waktu 3 menit tadi, kita dinilai dan diberikan saran yang tentunya bikin kita lebih baik. Nah gimana nih? Tertarik gak si untuk ikutan kelas public speaking?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar