Sabtu, 16 Maret 2019

Perpustakaan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

RAKORNAS bidang perpustakaan, 14 Maret 2019
halo guys, what's up!
Pada tanggal 14 Maret kemarin, gue dapat kesempatan menghadiri rapat koordinasi nasional (RAKORNAS) bidang perpustakaan. Nah sebelumya pada tau gak kalau gue itu lulusan Manajemen Informasi dan Dokumen di Universitas Indonesia yang di mana, gue menggeluti dunia perpustakaan. So far gue sangat tertarik banget sama dunia perpustakaan (yaiyalah, 3 tahun lebih kuliah ngoprek-oprek perpustakaan.

Selama kuliah, gue beberapa kali visit perpustakaan-perpustakaan mulai dari perpustakaan sekolah, perpustakaan universitas sampai pernah juga ikut perpustakaan keliling untuk observasi. Gue senang banget nih dengan adanya perpustakaan keliling, karena bisa menjangkau sekolah-sekolah yang belum ada fasilitas perpustakaannya. *lanjut ya.

Nah, sebelumnya RAKORNAS bidang perpustakaan ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 14 sampai 16 Maret 2019 dan dihadiri oleh pustakawan di seluruh Indonesia dan dari berbagai Dinas Perpustakaan , Perguruan Tinggi, Sekolah, asosiasi penerbit atau pengusaha rekaman, pekerja bidang literasi, dan Bappeda. 

Saat ini perpustakaan sudah masuk ke dalam priroritas Nasional yang memberikan amanat kepada Perpustakaan Nasional RI agar dapat meningkatkan dan menunjang perkembangan layanan perpustakaan di seluruh Indonesia dengan basis inklusi sosial. Perpustakaan dijadikan ruang publik yang memberikan fasilitas kepada masyarakan dalam pengembangan potensi demi meningkatkan kesejhteraan.

Pada saat ini, Indonesia sudah memiliki perpustakaan kurang lebih 164.610 perpustakaan yang tersbar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut membuat indonesia meraih predikat sebagai Negara yang memiliki jumlah infrastruktur perpustakaan terbanyak kedua. 

Perpustakaan juga diharapkan menjadi sebuah sumber yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Selain sebagai pusat literasi Informasi, perpustakaan juga diharapkan dapat merubah mindset para pembaca buku-buku yang ada diperpustakaan, karena hal tersebut adalah salah satu peran penting dari adanyan perpustakaan.

RAKORNAS bidang perpustakaan, 14 Maret 2019

Well, dalam pengembangan perpustakaan di Indonesia, anggota legslatif memiliki peran yang sangat banyak dalam pengembangannya. Dr. Ir. Djoko Udjianto, Mm., menyampaikan beberapa hal sebagai berikut,

  1. meningkatkan kemerataan dan kualitas layana perpustakaan dalam meningkatkan literasi masyarakat untuk kesejahteraan;
  2. meningkatkan kegemaran membaca guna membangun masyarakat yang berpengetahuan dan berkeadilan,
  3. mengembangkan repositori dokumenter untuk menginformasikan pengetahuan dan memajukan IPTEK,
  4. meningkatkan deposit dan preservasi bahan pustaka, serta kajuan naskah nusantara untuk melestarikan khasanah bangsa.

Dukungan pengawasan sangat diperlukan demi menjamin terlaksananya program berjalan secara transparan dan memastikan program pemerintah berjalan dengan tepat, melakukan evaluasi dan mendorok perpusnas agar dapat menyusun program-program yang memiliki sifat inovatis agar pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca di seluruh Indonesia.


1 komentar:

  1. Asiknya mendapatkan layanan perpustakaan yang bagus, baik dan rapi serta bersih.

    Inilah yang akan membuat kita semakin nyaman berada di perpustakaan nasional

    BalasHapus