Kamis, 14 Maret 2019

berikut tata cara klaim asuransi kesehatan Rawat Inap


Banyak beragam pilihan perusahaan asuransi hingga bang yang menawarkan berbagai produk ke pelanggannya berupa fasilitas asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan tersebut berupa pertanggungan untuk biaya rumah sakit, yang di dalamnya terdapat biaya perawatan yaitu rawat inap dan rawat jalan, biaya operasi atau pembedahan dan sebagainya. Akan tetapi banyak orang yang mengeluhkan kesulitan untuk validasi klaim asuransi kesehatan dari pihak perusahaan. Kesulitan tersebut paling utama apabila terdapat jumlah dana yang dikeluarkan cukup besar.

Sebenarnya hal tersebut dapat saja dihindari denga cara mengerti prosedur klaim asuransi kesehatan untuk rawat jalan. untuk melakukan klaim asuransi kesehatan rawat inap diantaranya :

1. Memenuhi syarat untuk melakukan klaim.

Masa aktif premi adalah salah satu syarat yang utama agar klaim dapat dilakukan, jika premi dalam keadaan tidak aktif maka klaim tidak dapat dilakukan. Anda dapat memastikan bahwa telah menyelesaikan pembayaran seluruh cicilan premi.  Kemudian, pastikan bahwa polis tersebut tidak berada pada masa tenggang atau memiliki pengecualian tertentu seperti jenis penyakit maupun metode perawatan yang dikecualikan, terutama jika polis anda pernah mengalami lapse.

2. Hubungi pihak asuransi sebelum melakukan klaim

Menghubungi pihak asuransi harus dilakukan sebelum anda melakukan rawat inap, jika dalam keadaar darurat, 2x24 jam setelah rawat inap. Anda perlu menghubungi pihak agen asuransi atau pihak pelayanan medis pihak asuransi.

3. Menyiapkan dokumen pendukung ketika menghubungi pihak asuransi.

Identitas yang biasanya digunakan atau disiapkan adalah identitas diri yang berisi nama yang sesuai dengan polis dan KTP, tanggal lahir, nomor polis, nomor telepon, nama rumah sakit atau dokter yang ingin dituju dan sertakan juga surat rujukan dari dokter, kondisi medis yang menjadikan alasan anda diharuskan untuk melakukan rawat inap serta gejala yang anda alami.

4. Melakukan pemilihan rumah sakit

Biasanya ketika pihak selesai menerima data yang anda kirim, mereka akan memberikan beberapa referensi rumah sakit untuj dijadikan rekanan, akan tetapi anda dapat memilih rumah sakit mana yanh anda inginkan, dengan syarat masih terdaftar dalam daftar rumah sakit rekanan. Karena dalam janga waktu yang berbeda, daftar rekanan rumah sakit akan berubak-ubah. Sebaikna anda memeriksa daftar rumah sakit terbaru dengan menghubungi pihak rumah sakit. Keuntungan ketika anda melakukan perawatan di rumah sakit rekanan adalah anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk biaya perawatan di muka, dengan kata lain anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang jaminan.

5. penyelesaian ketika sampai di rumah sakit

Ketika anda sampai di rumah sakit, anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi anda atau identitas polis asuransi dan menyerahkan urusan administrasi kepada pihak rumah sakit. Pihak asuransi akan menanggung seluruh biaya perawatan selama biaya tersebut masih di dalam batas maksimal yang ada pada polis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar