Selasa, 05 Februari 2019

Yuk Cek Betapa Pentingnya Asuransi Kesehatan


Tahukah kalian apa pentingnya asuransi kesehatan? Seperti diketahui bahwa asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang dikhususkan untuk kesehatan. Asuransi kesehatan bertujuan untuk antisipasi apabila diharuskan untuk berkunjung ke rumah sakit yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Sehingga kesehatan peserta asuransi akan terjamin dan dapat meminimalisir pengeluaran akibat hal tidak diinginkan yang berhubungan dengan kesehatan.
Berdasarkan konsep yang dibuat mengenai asuransi kesehatan, peserta asuransi diwajibkan membayar sejumlah yang (Premi) kepada perusahaan asuransi yang dituju. Dengan membayar premi, maka dana akan didapatkan oleh peserta untuk membiayai pengobatan dan perawatan apabila peserta mengalami sakit atau kecelakaan.
Biasanya perusahaan akan menanggung sebagian sampai seluruh biaya yang diperlukan ketika peserta asuransi jatuh sakit. Akan tetapi, besaran biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi diberikan berdasarjan besarnya premi yang diberikan, jenis asuransi yang dipilih, dan diberikan berdasarkan polis asuransi.
Biasanya besaran premi yang harus dibayar peserta pemegang polis ditentukan oleh beberapa faktor seperti apa jenis perawatannya dan tinggi rendahnya resiko yang ditanggung. Semakin rendah tingkat resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi maka premi yang harus dibayar akan lebih sedikit, begitupun sebaliknya, semakin tinggi tingkat resiko maka semakin besar premi yang harus dibayarkan. Karena tingginya premi yang peserta bayar, manfaat yang ditawarkan akan semakin banyak juga.
Penyelenggara program asuransi kesehatan adalah perusahaan asuransi jiwa, asuransi sosial, dan perusahaan asuransi umum. Setiap perusahaan memberikan penawaran dan kelebihan masing-masing. Umumnya, asuransi kesehatan sudah disetai dengan asuransi jiwa yang bertujuan untuk pendanaan santunan jika terjadi kematian.
Sebelum membeli layanan asuransi kesehatan ada baiknya calon peserta asuransi mlakukan pertimbangan profil perusahaan, jenis layanan yang ditawarkan, dan daftar rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut. Jangan asal pilih, pilihlah asuransi kesehatan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan.
Lalu, apa alasan kita harus memiliki asuransi kesehatan? Karena dengan adanya Asuransi kesehatan  kita tidak perlu merepotkan orang lain baik itu orang tua maupun keluarga kita. Kemudian, setiap tahun biaya kesehatan selalu meningkat sekitar 13% yang rata-rata biaya kenaikan akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kenaikan gaji kita. Jika dihitung hitung dengan manfaat yang akan kita dapat, asuransi tidaklah mahal. Selain untuk berinvestasi, asuransi dapat difungsikan sebagai warisan yang akan membuat rasa tenang di hati para pesertanya.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa memiliki asuransi kesehatan sangat penting karena keuntungan-keintungan yang akan kita dapat di masa depan dan perlindungan yang diberikan sehingga kita tidak perlu khawatir akan masalah biaya rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar