Minggu, 24 Februari 2019

Asupan Gizi 33 Juta Anak Indonesia Harus Terpenuhi, Begini Caranya

Halo guys, what's up! Tahukan kalian bahwa kondisi Indonesia di masa yang akan datang bergantung pada 33 juta anak Indonesia. Mereka semua lah yang akan menentukan apakah  Indonesia dapat bersaing secara kompetitif dengan negara lain di masa yang akan datang.

Berdasarkan profil kesehatan Indonesia tahun 2017, pada rised data dan informasi kementrian kesehatan republik Indonesia yang menyebutkan bahwa Indonesia memiliki komposisi penduduk muda yang didominasi oleh 33 juta anak usia dini/balita. 33 juta bukanlah jumlah yang sedikit. Jumlah yang sangat besar ini akan menjadi bonus demografi yang dapat menentukan masa depan bangsa yang baik jika dimanfaatkan dengan baik. For your information guys, bonus demografi adalah sebuah keadaan dimana jumlah penduduk usia non produktif lebih rendah dibandingkan jumlah penduduk usia produktif yang akan dialami pada rentang waktu 2025-2030.  

Untuk menciptakan generasi maju yang memajukan bangsa, kita dapat mengoptimalkan 33 juta anak Indonesia ini dengan baik. Jika ke 33 juta anak tersebut dapat dioptimalkan dengan baik, maka Kemungkinan besar indonesia akan maju. Salah satu cara agar para calon generasi maju yang akan memajukan bangsa adalah dengan memenuhi asupan gizinya.

Direktur kesehatan keluarga, kementrian kesehatan RI dr. Eni Gustina yang dilansir dari situs depkes.go.id menuturkan bahwa "Asupan gizi untuk anak harus diperhatikan, terutama saat mereka dalam kandungan hingga remaja."

Lalu, bagaimana caranya agar para calon generasi maju ini terpenuhi asupan gizinya? Begini caranya!

Sebelum itu,  let’s talk about apa itu gizi. Jadi gizi merupakan sebuah proses organisme menggunakan makanan yang dimakan atau dikonsumsi secara normal melalui beberapa proses mulai dari digesti hingga proses pengeluaran zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, menghasikan sebuah energi serta pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ.

Biasakan anak untuksarapan di pagi hari dan konsumsi air putih yang cukup

Sarapan sangat penting karena menjadi salah satu hal yang dapat mencegah kelebuhan berat badan. Hal tersebut terjadi karena saat tidak sarapan kita akan cenderung melampiaskannya pada saat makan siang karena perasaan yang lebih lapar. Sarapan juga membuat otak kita lebih siap untuk menjalani aktifitas setiap hari. Jangan lupa untuk beri anak minum air putih yang cukup. Karena air tersebut berfungsi sebagai alat transportasi berbagai zat gizi yang kita konsumsi ke seluruh tubuh.

Beri anak lauk pauk yang berprotein tinggi dan aneka sayuran dan buah 

Protein memiliki peran yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh yang rusak. Lauk pauk yang memiliki kandungan protein yang tinggi membantu pertumbuhan tulang dan pertumbuhan anak. Sayuran dan buah-buahan jika dikonsumsi secara rutin pun sangat baik bagi tubuh karena pada buah dan sayuran memiliki banyak kandungan yang baik seperti vitamin dan mineral.

Batasi anak mengkonsumsi makanan manis, asin dan makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Batasi anak anak mengkonsumsi makanan manis seperti produk kue dan roti yang dilapisi krim maupun coklat, makanan asin seperti camilan keripik, makanan berlemak tinggin seperti fast food. Makanan-makanan tersebut sebaiknya tidak diberikan ke anak-anak karena dapat menghambat pertumbuhannya jika mengingat zat gizi yang terkandung di dalam makanan-makanan tersebut sangat sedikit. Makanan tersebut dapat memicu penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, dan  hipertensi dikemudian hari karena mengandung banyak sekali kalori, lemak dan rendah protein.

Ajari anak mencuci tangan sebelum makan

Kebiasaan mencuci tangan di Indonesia saat ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ajarilah anak-anak untuk mencuci tangan sebelum makan, karena banyak benda-benda disekitar yang mereka pegang dan kita tidak tahu kuman jenis apa yang menempel di benda tersebut.

Ajak anak berolahraga teratur

Agar menjadi kebiasaan di masa yang akan datang (saat mereka dewasa nanti) ada baiknya kita membiasakan anak-anak untuk berolahraga teratur setidaknya 1 minggu sekali. Karena dengan berolahraga.

Jika ke 33 juta anak yang tersebar di Indonesia mendapatkan asupan gizi yang baik, maka tidak dapat dipungkiri kalau anak-anak sekarang ini menjadi generasi maju di masa depan. Semoga saja semua orang tua saat ini sudah menyadari akan pentingnya asupan gizi untuk anak sekarang sehingga 33 juta anak Indonesia sekarang akan menjadi generasi maju di masa depan yang akan memajukan bangsa. 




Source :

https://biz.kompas.com/read/2019/01/25/085459628/bersama-mengawal-masa-depan-bangsa-dengan-penuhi-gizi-seimbang-33-juta-anak


http://www.tribunnews.com/kesehatan/2019/01/25/masa-depan-bangsa-ditangan-33-juta-anak-indonesia-faktor-ini-jadi-penentunya

https://www.haibunda.com/advertorial/d-4431316/dukung-nutrisi-33-juta-anak-indonesia-demi-kemajuan-bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar