Rabu, 13 Februari 2019

4 Tolak Ukur Penting Untuk Menentukan Premi Asuransi Kesehatan


Jumlah tagihan iuran asuransi atau premi bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika memilik asuransi kesehatan. Jumlah premi asuransi kesehatan yang mahal sebenarnya memberikan manfaat lebih banyak, akan tetapi tidak menjadi jaminan bahwa anda membutuhkan semua manfaat yang didapat tersebut.

Bagaimana sih cara menghitung permi asuransi kesehatan?

Perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan memberikan penawaran besar permi dan berbagai manfaat yang variatif. Mulai dari asuransi kesehatan untuk diri sendiri atau individu sampai keluarga.
Kemudian, apa jenis asuransi yang akan anda pilih? Besaran premi asuransi kesehatan biasanya dihitung berdasarkan faktor-faktor yang mendukung. Diantaranya :

1. sesuaikan dengan usia dan jenis kelamin
Biasanya, lansia cenderung lebih rentan terkena penyakit sehingga biaya untuk pengobatan dan perawatan lebih banyak, oleh karena itu dianjurkan untuk menggunakan asuransi pemerintah karena besaran iuran tetap, tidak seperti asuransi swasta yang di mana semakin tua umur seseorang, maka semakin mahal premi yang harus dikeluarkan.
Sebagai informasi tambaham, jumlah premi untuk peserta perempuan dan laki-laki bisa saja berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit yang mungkin menyerang perempuan dan laki-laki berbeda.

2. profesi anda saat ini
Kemudian untuk menghitung premi asuransi kesehatan adalah dengan cara mempertimbangkan jenis profesi anda saat ini. Hal ini berkaitan dengan pendapatan per bulannya. Sebelum menentukannya, anda dapat menyesuaikan dengan pendapatan per bulannya terlebih dahaulu. Usahakan mengambil tagihan premi asuransi kesehatan yang sesuai dengan pendapatan agar pembayaran dapat dilakukan dengan tepat waktu dan tidak membuat anda rugi.

3. mempertimbangkan tanggungan keluarga serta biaya hidup
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghitung premi asuransi kesehatan kali ini adalah dengan menghitung berapa banyak tanggungan dan biaya hidup keluarga. Dengan menghitung jumlah istri, anak, dan anggota yang hidup satu rumah dengan anda dan perhitungan biaya kebutuhannya.

4. riwayat penyakit
Jenis penyakit yang anda miliki mempengaruhi premi asuransi kesehatan anda. Semakin berat penyakitnya maka akan semakin tinggi premi yang harus dikeluarkan. Ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi, seperti HIV/AIDS, penyakit yang disebabkan oleh wabah, penyakit bawaan dan sebagainya.

Perusahaan asuransi kesehatan swasta biasanya menyediakan tim khusus dari yang dapat membantu anda memperkirakan dan memperhitungkan berapa besaran biaya kesehatan yang akan anda klaim. Tentunya premi asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

Misalnya anda adalah seorang pria berusia 28 tahun yang bekerja sebagai dosen. Ternyata anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Berdasarkan hal tersebut, asuransi akan memperkirakan apa risiko penyakit yang mungkin anda alami di esok hari. oran yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi biasanya memiliki risiko terkena penyakit hipertensi atau penyakit jantung.

Setelah memperkirakan risiko, perusahaan asuransi melakukan analisis besarnya biaya pengobatan untuk penyakit jantung yang berkemungkinan akan anda klain jika jatuh sakit. Berdasarkan analisis tersebut, anda mendapatkan jumlah premi asuransi berdasarkan kondisi anda pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar