Minggu, 27 Januari 2019

Manfaat Mainan Edukatif Untuk Anak

Mainan edukatif (Source: https://tse4.mm.bing.net)
Manfaat Mainan Edukatif Untuk Anak,- What's up! Di sini ada yang memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan? Dalam tahap perkembangan anak dimulai dari usia 0 sampai 5 tahun. Pada 5 tahun pertama masa emas tersebut. Mengapa disebut dengan masa emas? Karena pada 5 tahun pertama kehidupan pada anak, terjadi sebuah proses pembentukan otak yang akan menjadikan seperti apa anak tersebut di masa yang akan datang.

Untuk melatih otak anak orang tua biasanya memberikan sang anak dengan mainan edukatif. Yaitu mainan yang dapat memberikan sebuah stimulasi perkembangan anak tersebut, seperti perkembangan motorik kasar dan halus, kognitif (kemampuan berfikir), psikososian dan yang paling penting adalah perkembangan fisik anak tersebut.

Permainan edukatif untuk anak sangatlah penting karena dapat menstimulasi perkembangan daya pikir anak secara menyenangkan, ada beberapa rekomendasi mainan edukatif untuk anak berdasarkan manfaatnya, diantaranya,

Melatih Konsentrasi

Dalam melatih konsentrasi anak dan menggali kemampuan anak lebih dalam lagi, mainan puzzle adalah salah satu mainan edukatif yang dapat diberikan kepada anak. Karena saat anak menyusun puzzle si anak akan dipaksa untuk fokus pada sebuah gambar maupun bentuk yang ada di depannya, Fikiran anak terfokus ke puzzle tanpa memikirkan hal lainnya.

Mengenalkan Bahasa dan Wawasan

Orang tua dapat mengajarkan anak dengan mainan edukatif kotak alfabet untuk melatih bahasa dan wawasan. Pada kotak alfabet biasanya terdapat bentuk barang atau binatang dan nama dari barang atau binatang tersebut. sehingga mainan edukatif kotak alfabet mengenalkan huruf, nama-nama binatang dan benda. Hal tersebut menambah wawasan si anak sehingga sangat bermanfaat untuknya.

Mengenalkan Warna dan Bentuk

Orang tua dapat mengenalkan warna dan bentuk pada anak dengan mainan edukatif gunting tempel. Anak dapat mengenal variasi bentuk dan warna sekaligus. Selain itu mainan edukatif gunting tempel dapat melatih kecerdasan motorik halus anak, meningkatkan kreatifitas dan konsentrasi serta dapat melatih anak untuk memecahkan masalah. Untuk pengenalan warna, mainan edukatif lego juga dapat dijadikan alternatif.

Mengembangkan Imajinasi Anak

Salah satu cara agar imajinasi anak dapat berkembang adalah dengan memberikannya mainan edukatif balok susun atau mainan lego. Hal tersebut dikarenakan untuk menyusun setiap balok diperlukan kemampuan anak dalam berimajinasi. Imajinasi tersenbut juga secara tidak langsung mengasah kreatifitas anak dalam berbagai bentuk dan melatih kesabarannya. Jika berhasil rasa percaya diri pada anak tersebut akan meningkat.

Nah, untuk melindungi pendidikan anak dengan, orang tua dapat dengan asuransi pendidikan. Salah satu asuransi santunan pendidikan anak kita dapat menggunakan HappyOne.id  dan memilih paket asuransi HappyEdu. Sebagai informasi HappyEdu merupakan sebuah asuransi yang memberikan pelindungan utama berupa santunan pendidikan serta jaminan pendidikan anak apabila orang tua meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar