Jumat, 14 September 2018

5 Jenis Fitting Pipa untuk Membuat Saluran Air



Pembuatan saluran air yang lancar dan bisa digunakan dalam jangka panjan tanpa macet tentu didukung oleh pipa berkualitas. Fitting pipa juga harus diperhatikan agar dapat membangun saluran air yang kuat dan sesuai kebutuhan. Dalam proses penyambungan pipa, kamu bisa mengetahui berbagai jenisnya sebagai berikut.
1.    Socket
http://www.rucika.co.id/produk/rucika/
Socket merupakan jenis aksesoris pemasangan atau fitting pipa yang berperan dalam penyambungan pipa. Fungsi utamanya adalah untuk memperpanjang pipa dengan menyambung satu pipa dengan pipa lainnya dengan lurus. Socket ini umumnya digunakan untuk sambungan dua pipa dengan jenis dan diameter sama besar.

Mengenai spesifikasi socket, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan, termasuk jumlah yang diperlukan. Banyak jenis socket yang bisa kamu gunakan, termasuk socket draft dalam, socket draft luar, dan masih banyak lainnya.


2.    Elbow

http://www.rucika.co.id/produk/rucika/
Jenis aksesoris dalam penyambungan pipa berikutnya adalah elbow. Berbeda dengan socket, elbow ini berperan membelokkan aliran dengan ulir pada bagian dalam dengan radius besar. Karena mempunyai spesialisasi fungsi untuk mengalirkan air dalam radius besar, elbow mempunyai banyak jenis dengan derajat yang berbeda-beda, seperti 45 derajat, 90 derajat, dll.

3.    Reducer

http://www.rucika.co.id/produk/rucika/
Jenis fitting pipa selanjutnya adalah menggunakan aksesoris reducer yang berfungsi untuk menyambungkan dua pipa dengan ukuran diameter yang berbeda. Reducer terbagi menjadi dua pipa, yaitu reducer elbow dan reducer socket. Reducer elbow berfungsi membelokkan aliran air, sedangkan reducer socket berfungsi memperpanjang pipa dengan sambungan lurus.
4.    Tee

http://www.rucika.co.id/produk/rucika/
Tee juga termasuk dalam aneka jenis penyambungan pipa. Kamu bisa menggunakan tee untuk membagi aliran air dalam dua arah, sehingga saluran air dibuat menjadi dua arah. Sama seperti namanya, tee ini umumnya berbentuk T, namun terdapat beberapa tee yang bentuknya Y atau disebut juga dengan Y-branch.

5.    Flange
Flange juga termasuk salah satu jenis fitting pipa dalam hal komponen yang diperlukan. Flange ini merupakan sebuah mekanik yang berfungsi menyambungkan dua pipa dan setiap pipa mempunyai flange masing-masing. Tak hanya itu, flange juga dikombinasikan dengan baut dan mur. Tanpa adanya dua hal ini, flange tidak bisa dipakai.
Jumlah baut dan mur yang digunakan pada flange ini tergantung pada jenis flange itu sendiri. Banyak jenis flange yang bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan bahan penyusun flange itu sendiri.
Demikianlah berbagai jenis komponen penyambungan pipa yang dapat diterapkan agar kebutuhan air terpenuhi dengan optimal. Kamu dapat memahami dan mengadakan konsultasi seputar fitting pipa agar pemasangannya bisa benar-benar berjalan dengan baik. Penyesuaian jenis pemasangan sampai pada proses pemasangan dan finishing harus optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar